Sistem Otot



Otot adalah sebuah jaringan konektif yang tugas utamanya adalah berkontraksi yang berfungsi untuk menggerakan bagian-bagian tubuh baik yang di sadari maupun yang tidak.Sekitar 40% berat dari tubuh kita adalah otot. Tubuh manusia memiliki lebih dari 600 otot rangka. Otot memiliki sel-sel yang tipis dan panjang. Otot bekerja dengan cara mengubah lemak dan glukosa menjadi gerakan dan energi panas.Otot rangka melekat pada tulang secara langsung ataupun dengan bantuan tendon. Otot bekerja berpasangan satu berkontraksi dan lawannya relaksasi sehingga otot bisa menggerakan berbagai bagian dari tubuh manusia seperti lutut yang bisa dibengkokan maupun di luruskan.
Otot manusia bekerja dengan cara berkontraksi sehingga otot akan memendek, mengeras dan bagian tengahnya menggelembung (membesar). Karena memendek maka tulang yang dilekati oleh otot tersebut akan tertarik atau terangkat. Kontraksi satu macam otot hanya mampu untuk menggerakkan tulang kesatu arah tertentu. Agar tulang dapat kembali ke posisi semula, otot tersebut harus mengadakan relaksasi dan tulang harus ditarik ke posisi semula. Untuk itu harus ada otot lain yang berkontraksi yang merupakan kebalikan dari kerja otot pertama. Jadi, untuk menggerakkan tulang dari satu posisi ke posisi yang lain, kemudian kembali ke posisi semula diperlukan paling sedikit dua macam otot dengan kerja yang berbeda.
Berdasarkan cara kerjanya, otot dibedakan menjadi otot antagonis dan otot sinergis. otot antagonis menyebabkan terjadinya gerak antagonis, yaitu gerak otot yang berlawanan arah. Jika otot pertama berkontraksi dan otot yang kedua berelaksasi, sehingga menyebabkan tulang tertarik / terangkat atau sebaliknya. Otot sinergis menyebabkan terjadinya gerak sinergis, yaitu gerak otot yang bersamaan arah. Jadi kedua otot berkontraksi bersama dan berelaksasi bersama.

Gerak Antagonis
Contoh gerak antagonis yaitu kerja otot bisep dan trisep pada lengan atas dan lengan bawah. Otot bisep adalah otot yang mempunyai dua tendon (dua ujung) yang melekat pada tulang dan terletak di lengan atas bagian depan. Otot trisep adalah otot yang mempunyai tiga tendon (tiga ujung) yang melekat pada tulang dan terletak di lengan atas bagian belakang. Untuk mengangkat lengan bawah, otot bisep berkontraksi dan otot trisep berelaksasi. Untuk menurunkan lengan bawah, otot trisep berkontraksi dan otot bisep berelaksasi.
Bagian-bagian sistem otot rangka manusia
Otot rangka yang jumlahnya lebih dari 600 macam mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki yang berfungsi untuk menggerakan seluruh tubuh kita sbb:
1)     Otot frontalis yang berfungsi untuk mengangkat alis mata, posisi nya terletak di sekitar alis
2)     otot orbikularis okuli berfungsi untuk menutup kelopak mata, posisinya terletak di kelopak mata
3)     Otot orbikularis oris berfungsi untuk mengkerutkan bibir
4)     Otot sternokleidomastoid yang berfungsi untuk memiringkan kepala
5)     Otot trapezius berfungsi untuk memperkuat bahu
6)     Otot pektoralis major berfungsi untuk memutar lengan
7)     Otot pektoralis minor berfungsi untuk menarik bahu kebawah
8)     Otot triseps dan otot biseps berfungsi untuk menggerakan lengan
9)     Otot serratus anterior yang berfungsi untuk menarik bahu kesekeliling
10)  Otot interkosta berfungsi untuk mengangkat rusuk
11)  Otot rektus abdominis berfungsi untuk mengempiskan dinding perut
12)  Otot sartorius berfungsi untuk memilin paha dan membengkokan penggul dan lutut
13)  Otot guadriseps femoris berfungsi untuk menekuk pinggul dan meluruskan lutut
14)  Otot gastroknemius berfungsi untuk mengangkat tumit dan menekuk lutut
15)  Otot tibialis anterior berfungsi untuk mengangkat kaki
16)  Otot peroneus berfungsi untuk melengkungkan kaki
17)  Otot latissimus dorsi berfungsi untuk memperkuat punggung
18)  Otot gluteus maksimus berfungsi untuk meluruskan pinggul
19)  Otot archiles tendon berfungsi untuk menggerakan telapak kaki

untuk lebih lengkapnya silahkan download disini

Komentar

Postingan Populer